Rabu, 04 Februari 2015

Leads atau Prospek!


APA ITU LEADS  ATAU  PROSPEK?



Teman-teman mulai hari ini kami akan memberikan pengetahuan tentang menjual suatu produk bank. Pada kesempatan pertama ini kami sampaikan pengetahuan tentang LEADS atau PROSPEK. Apa itu LEADS? Leads bagaikan darah, karena darah memberikan sumber kehidupan bagi manusia yang tidak putus-putusnya untuk dapat bertahan hidup. Ya, betul Leads ibarat darah bagi seorang sales atau marketing! karena merupakan sumber untuk menjadi target market  untuk dapat menjual produk-produknya. Atau dengan kata lain mereka adalah Pembeli  yang potensial.  Pertanyaan selanjutnya BAGAIMANA mendapatkan Leads? Betul, memang banyak  disekitar kita yang bisa menjadi Leads yaitu bisa nasabah, keluarga, teman, sahabat, kerabat dan kenalan lainnya. Tapi apakah mereka berkualitas? sehingga mereka dapat membeli produk yang kita jual?

Untuk dapat menjawab pertanyaan ini kita harus tahu sumber Leads itu. Betul!  bagi yang sudah mengetahuinya sudah bisa menjawab yaitu PERTAMA dari Existing Clients (calon nasabah yang sudah menjadi nasabah) dan KEDUA yaitu dari External (calon nasabah yang belum menjadi nasabah).   Nah lho,  kok bisa! Nasabah yang sudah ada menjadi Leads? Tentu bisa,  sering terjadi saat transaksi  di bank kita nasabah melakukan top up atau menambah dananya untuk penempatan Deposito maupun Tabungan dan Giro saat itulah mereka menjadi Leads kita bukan! Dalam dunia perbankan cara ini dinamakan “Depeening” atau menggali kebutuhan nasabah lama  akan produk bank siapa tahu mereka masih membutuhkan produk lainnya selain produk yang sudah mereka nikmati saat ini.

Leads atau prospek dari nasabah yang sudah ada tentu berkualitas kenapa? Karena probabilitas mereka membeli produk kita sangat besar yaitu 80% (Survey membuktikan), kenapa begitu? Karena mereka sudah kenal bank kita, sudah kenal staf marketingnya dan sudah pernah menikmati produk bank kita baik funding maupun lending.  Biasanya mereka akan tetap bertransaksi di bank kita jika staff marketing menawarkan layanan dan produk yang bisa memberikan “benefit”  bagi nasabah.  Jangan malu-malu menawarkan produk CASA atau Deposito terhadap mereka! Mereka adalah nasabah yang sangat berkualitas. mulailah menjual kepada nasabah yang menurut anda yang paling anda kenal dan dekat dan paling berpotensi, buatlah list prospeks!! mulailah melakukan Call (telp) dan janjian untuk Meet (ketemuan) dengan nasabah. Cara menjualnya adalah:  Jika nasabah sebelumnya nasabah Kredit mintalah tolong kepada mereka untuk juga membuka tabungan atau Deposito di bank kita dan katakan bahwa hal ini untuk menjaga hubungan baik dengan mereka. Jika nasabah sebelumnya nasabah funding minta tolong kepada mereka untuk Top Up! Katakan kepada nasabah bahwa ini untuk menjaga hubungan baik dengan anda sebagai Relationship Officer nya yaitu yang selalu memberikan informasi keuangan akan kebutuhan nasabah.
Demikian tips tentang menjual produk funding kepada Leads Existing Clients sampai jumpa dengan seri-seri lainnya.

HAPPY  SELLING !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar