COLD CALLING !
"Hallo.. Selamat pagi pak Budi, perkenalkan saya Tania dari Bank ABC dan mohon ijin jika bapak tidak keberatan saya akan menjelaskan produk baru kami namanya tabungan plus plus yaitu tabungan berbunga plus bunga, plus hadiah iPad, plus juga undian langsung yaitu apabila bapak hanya menabung 5 juta saja atau kelipatannya..", ujar Tania staf marketing Bank ABC kepada nasabah yang baru diketahuinya dari referensi temannya. Sungguh hebat semangat Tania menawarkan produk melalui telepon kepada nasabah. Pertanyaannya apakah nasabah yang ditelepon Tania merasa terganggu? Dan kira-kira apa jawaban pak Budi? "Oh iya, maaf ya saya sedang sibuk besok saja ya," ujar pak Budi. Mengganggu pak Budikah? sudah pasti iya, kenapa? Karena Tania bukan orang yang dikenal oleh pak Budi dan belum bertatap muka dengannya. Dan mungkin telepon Tania bukan yang diharapkan oleh pak Budi. Apakah berhasil Tania menawarkan produk tabungan plus plusnya? Tentu tidak!.
Percakapan diatas adalah aktivitas seorang marketing dalam mem-approach nasabah untuk menjual produk bank melalui media telepon. Proses marketing ini biasa dilakukan oleh team telemarketing sebuah bank untuk menawarkan produknya. Nasabah yang di telepon mereka dapatkan dari data-data bank ataupun referensi ataupun yellow pages maupun sumber lainnya. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan " COLD CALLING".
COLD CALLING apa itu ? Kalo dari arti harfiahnya sih menelepon dingin, aiih.. maksudnya menelpon dari dalam Kulkas gitu? he..he.. bukan ya, maksudnya Cold Calling adalah proses penjualan dimana Staf marketing atau salesman mendekati nasabah dengan cara menelepon nasabah yang belum pernah diketemuinya dan nasabah-pun tidak berharap ditelepon apalagi meminta ditelepon oleh orang bank yang tidak dikenalnya. Susah ya Pekerjaan ini! sudah capek-capek menelepon tetapi jawabannya selalu "lagi sibuklah, ngak ada waktulah, lain kali sajalah..". Uuuh..
Di Bank Mestika Dharma seorang RO/RM juga mempunyai aktivitas harian Calling atau Cold Calling. Apakah Calling yang dimaksudkan sama dengan telemarketing yaitu langsung menawarkan produk? Jawabannya adalah TIDAK sama!. Aktivitas calling seorang RM/RO adalah hanya untuk janjian bertemu bukan untuk menawarkan produk. Menawarkan produk adalah tidak melalui telepon tetapi pada saat ketemu langsung (Meet) dengan nasabah. Dan mohon di catat Calling yang dimasukkan dalam laporan LHAP adalah apabila menelepon kepada nasabah yang bersangkutan (bukan kepada orang lain misalnya ibunya atau adiknya atau siapapun). Juga jangan dimasukkan dalam LHAP, dengan catatan nasabah sudah ditelepon tapi tidak diangkat..he-he jangan gitu ya..itu artinya anda belum bicara langsung dengan yang bersangkutan. Sebagai informasi, target Calling seorang RM/RO adalah 10 kali calling kepada 10 orang.
Nah, masalahnya bagaimana cara yang efektif untuk memulai percakapan kepada orang yang belum dikenal tetapi dia adalah nasabah existing bank kita?. Begini caranya (contoh): "Hallo Selamat pagi pak Budi, saya Tania dari Bank Mestika cabang Asia, saya lihat di rekening bapak ada sejumlah uang lima ratus juta di Tabungan dan satu milyar di Deposito dan juga bapak sering melakukan transfer sejumlah sepuluh juga ke Bank BII, betul ya pak Ya? begini pak Budi, saya adalah staf marketing baru di cabang ini yang ditugaskan untuk meng-handle pak Budi, jadi semua aktivitas keuangan pak Budi di Bank Mestika saya yang mengurusinya, seperti kata pepatah pak: Tak kenal maka tak sayang, boleh saya bertemu pak Budi besok jam 10 pagi di tempat Bapak, untuk bertemu saja kok pak..".
Nah, masalahnya bagaimana cara yang efektif untuk memulai percakapan kepada orang yang belum dikenal tetapi dia adalah nasabah existing bank kita?. Begini caranya (contoh): "Hallo Selamat pagi pak Budi, saya Tania dari Bank Mestika cabang Asia, saya lihat di rekening bapak ada sejumlah uang lima ratus juta di Tabungan dan satu milyar di Deposito dan juga bapak sering melakukan transfer sejumlah sepuluh juga ke Bank BII, betul ya pak Ya? begini pak Budi, saya adalah staf marketing baru di cabang ini yang ditugaskan untuk meng-handle pak Budi, jadi semua aktivitas keuangan pak Budi di Bank Mestika saya yang mengurusinya, seperti kata pepatah pak: Tak kenal maka tak sayang, boleh saya bertemu pak Budi besok jam 10 pagi di tempat Bapak, untuk bertemu saja kok pak..".
Teman-teman pasti bertanya kenapa mesti disebutkan jumlah dan rekening nasabah. Itu adalah trik kita agar nasabah percaya dan bagi nasabah itu adalah verifikasi bahwa anda adalah benar-benar orang banknya karena biasanya banyak sekali nasabah terima telepon tapi tidak dikenalnya. Lantas bagaimana menawarkan produknya? itu belakangan, pas saat bertemu nasabah dan nasabah mulai suka dan percaya dengan anda niscaya menawarkan produk apapun akan dibeli oleh nasabah. Selamat Calling Calling ..
selamat siang artikel yang menarik. saya ingin bertanya contoh yg pertama sama yg kedua sangat jelas beda karena yg pertama kita memang tidak tau calon nasabah kita tapi yang ke 2 kita sudah tau calon nasabah seperti tahu jumlah uang di rekeningnya. nah pertanyaan saya bagaimana cara menelpon yang hanya tau no,pekerjaan dan nama saja seperti contoh yg pertaman
BalasHapusSiang fee nay. Terima kasih atas komentarnya.
BalasHapusPertanyaannya bagaimana jika kita hanya tahu no telp, pekerjaan dan nama saja. Bagaimana cara berteleponnya?
Jawaban untuk pertanyaan ini adalah: Pertama kita harus mengucapkan salam dan memperkenalkan diri kita siapa, dari perusahaan apa dan tujuan meneleponnya. Hal ini wajib. Karena standar resmi untuk telepon. Kemudian buatlah pujian (tetapi tidak berlebihan) agar menarik lawan bicara kita. contohnya: "Selamat pagi Bapak/Ibu perkenalkan diri saya ... dari ...tujuan saya telp adalah untuk...Saya mau sampaikan bahwa Bapak/Ibu adalah telah di rekomendasikan untuk mendapatkan...berdasarkan info dan data dari kantor kami..(sebutkan)". Selanjutnya tunggu respon dari ybs kemudian lanjutkan dengan materi yang mau disampaikan. Memang harus sabar dan sering latihan agar aktifitas ini berhasil. Dan satu lagi jangan lupa berdoa ya sebelum telp. salam,
Selamat pagi. Artikel nya sangat bermanfaat, perkanalkan saya bekerja sebagai agent asuransi. saya ingin bertanya apabila informasi yg kita tahu tentang nasabah hanyalah nama canas, baiknya bagaimana ya? Terima kasih .. Salam sukses ..
BalasHapusmaaf pak.. setau sya ada bbrapa bank dimana prosedur"y pegawai bank tsb tidak di berkenankan memyebutkan nominal saldo nasabah saat telpon (wlwpun dia tahu saldo"y). Krn saldo nasabah trmasuk salah satu privacy nasabah. Mksh
BalasHapusKami adalah organisasi hukum yang dibuat untuk membantu Orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.
BalasHapusJadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam gejolak keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam lebih banyak Masalah dari lokal bank, hubungi kami hari ini melalui Email: di catherinewilliamloancompany@gmail.com
Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com
Aplikasi pinjaman meliputi:
Nama: _________
Alamat: _________
Negara: _________
Okupasi: _________
Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: __________
Tujuan Pinjaman _________
jangka waktu kredit__
Penghasilan bulanan: _________
Telepon: _________
Silakan hubungi kami melalui e-mail
Email kami: catherinewilliamloancompany@gmail.com
jika membutuhkan pinjamn alamat KTP BERBEDA DNGAN ALAMAT TMPT TNGGAL APAKAH BISA YA ... ?
HapusPermainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam
BalasHapushttp://agensabungayam.logdown.com/post/7857735-ciri-fisik-ayam-brakot-pukul-badan-keras-mematikan
Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388 & KungfuChiken.
https://www.sateayam.vip/
https://m1.hj128.vip/
Daftar Sabung Ayam sv388
Daftar Sabung Ayam Online S128
Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :
Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.
Promo Promo BOLAVITA
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita